![]() |
Bank Mandiri |
Selalu menjadi yang terdepan, terbesar serta terpercaya dan terus tumbuh bersama para nasabah di seluruh Indonesia merupakan tujuan yang ingin diraih Bank Mandiri sebagai sebuah lembaga keuangan yang telah 15 tahun melayani sejak tanggal 2 Oktober 1998 yang menjadi awal berdirinya Bank kebanggaan masyarakat Indonesia ini.
Tradisi yang telah berjalan selama 140 tahun dalam memberikan kontribusi pada dunia perbankan dan perekonomian Indonesia yang sebelumnya diemban oleh 4 Bank yaitu » Bank Dagang Negara, Bank Pembangunan Indonesia, Bank Bumi Daya dan Bank Ekspor Impor dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Namun pada bulan Juli 1999 oleh pemerintah Indonesia yang merupakan bagian dari Restrukturisasi Perbankan maka ke 4 bank tersebut dilebur (merger) menjadi satu bagian dari Bank Mandiri.
Transformasi (Perubahan) Bank Mandiri
Oleh Bank Mandiri segera dilakukan langkah-langkah untuk
melakukan Perubahan atau Transformasi guna mempersiapkan segala sesuatu
untuk kedepannya. Hingga sekarang perubahan tersebut terus berjalan dan
berlanjut dengan perubahan atau transformasi untuk beberapa tahun
kedepan dari sekarang guna mencapai segala target yang telah
direncanakan agar bisa menjadi Bank Terbaik di Indonesia.
Konsolidasi dan integrasi
Salah satu perubahan yang sangat signifikan adalah dengan
menginvestasikan dana sebesar US$ 200 juta untuk mengganti platform
teknologi dari yang sebelumnya yaitu 9 core banking system dari 4 bank terdahulu yang berbeda, untuk mengkonsolidasikan sistem-sistem dari platform yang terkuat. Untuk menggantikan core banking platform
sebelumnya agar sesuai dengan standar perbankan ritel, yang membutuhkan
waktu 3 tahun untuk menyelesaikan semua proses tersebut. Kini
infrastruktur IT Bank Mandiri telah menyediakan system pengolahan data straigth-through dan interface yang seragam bagi pelanggannya.
Program Transformasi Tahap I (2005 - 2009)
- Tahap satu (2006-2007) » Back on Track
- Tahap dua (2008-2009) » Outperform the Market
- Tahap tiga (2010) » Shaping the End Game
Program Transformasi Tahap II (2010 - 2014)
- Wholesale transaction
- Retail deposit & payment
- Retail Financing
Pencapaian Bank Mandiri.
- Total Aset 2006 sebesar Rp 267 Triliun menjadi Rp 551,9 Triliun pada Desember 2011.
- Kredit tahun 2006 sebesar Rp 118 Triliun tumbuh menjadi Rp 314,4 Triliun pada Desember 2011.
- Net profit pada 2006 dari Rp 2,4 Triliun tumbuh menjadi Rp 12,2 Triliun pada Desember 2011.
- Menjadi bank penyimpanan terbesar di Indonesia dengan dana pihak ke tiga sebesar Rp 422,3 Triliun.
- Salah satu momen penting dalam proses transformasi tahap 2 ini adalah suksesnya rights issue pada Februari 2011 untuk memperkuat permodalan bank. Dengan ini, modal Bank Mandiri telah mencapai Rp 62,7 Triliun, meningkat dari 48,9% tahun ke tahun dan menjadi bank pertama di Indonesia yang meraih gelar Bank Internasional, sesuai dengan Banking Architecture atau Arsitektur Perbankan Indonesia (API).
Meningkatkan Sinergi & Nilai dari Perusahaan Anak.
Penghargaan (Award) Bank Mandiri
Bicara tentang menjadi yang terbaik tentu tidak lepas dari Prestasi serta hasil Kinerja yang nyata. Dalam hal Penghargaan bagi "Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia"
hal tersebut merupakan sebuah tujuan, namun tidak hanya sekedar untuk
memenuhi daftar atau catatan pada lembaran sejarah prestasi perusahaan.
Tetapi merupakan pembuktian bahwa Bank Mandiri benar-benar ingin menjadi sebuah Bank yang bisa dipercaya oleh para nasabah sebagai Mitra dalam pengembangan bisnis mereka. Saya akan mengutip beberapa Penghargaan (Award) yang diterima pada penghujung Tahun 2012.
1. Housing Estate
Bank Mandiri selalu siap dalam memberikan layanan 24 jam untuk
kenyamanan bagi para nasabah, tentunya hal ini sangat memberi kemudahan
bagi para nasabah saat mengatur aktivitas keuangan kapanpun dan
dimanapun baik itu nasabah Individu atau Perusahaan dengan segala
fasilitas yang telah tersedia. Apa saja layanan perbankan yang lengkap dan terintegrasi yang bisa anda gunakan?
» Housing Estate Mortgage Award 2012 - The Most Favorite Mortgage 2012 (19 Desember 2012).
2. Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) dan SWA
» Most Trusted Company - Perusahaan Paling Terpercaya (19 Desember 2012.
3. SWAnetwork dan WIN Solution
» Indonesia Best Corporate Transformation 2012 - The Best Achievement (18 Desember 2012).
4. Serikat Perusahaan Pers (SPS)
» SPS - Indonesia PR Summit 2012: The Global Challenge & Opportunity
in Managing a Sustainable Reputation - Korporasi Pilihan SPS 2012 (14
Desember 2012).
5. Business Review (13 Desember 2012).
Anugrah Perbankan Indonesia 2012
- 1st place, The Best Bank 2012 in Corporate Communications
- 1st place, The Best Bank 2012 in Good Corporate Governance
- 1st place, The Best Bank 2012 in Marketing
- 1st place, The Best CEO Bank 2012
- 1st place, The Best Bank 2012 in Risk Management
- The Best Bank in Indonesia kategori Bank Persero
- 2nd place, The Best Bank in Corporate Social Responsibility
Layanan 24 Jam Bank Mandiri
» Mandiri ATM
» Mandiri SMS
» Mandiri Internet
» Mandiri Call
» Mandiri Mobile
» Mandiri Internet Bisnis
Visi dan Misi Bank Mandiri
Bank Mandiri yang telah bertekad untuk meneruskan tugas dari 4
Bank sebelumnya yang telah dilebur menjadi satu dan kesatuan pada Bank
Mandiri sekarang ini yaitu » "memberikan kontribusi pada dunia perbankan dan perekonomian Indonesia". Apa Visi dan Misi dari Bank Mandiri agar bisa menjadi bank yang terbaik bagi para nasabah dan seluruh rakyat di Indonesia?
Visi Bank Mandiri:
→ Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif
Misi Bank Mandiri:
→ Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar.
→ Mengembangkan sumber daya manusia professional.
→ Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder.
→ Melaksanakan manajemen terbuka.
→ Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
→ Mengembangkan sumber daya manusia professional.
→ Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder.
→ Melaksanakan manajemen terbuka.
→ Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.
Saya pribadi yang telah memasuki tahun ke 5 sebagai nasabah pada Bank Mandiri merasa
nyaman dengan segala layanan yang telah tersedia. Dengan fasilitas ATM
yang merupakan terbanyak saat ini yaitu 10.360 unit yang tersebar
diseluruh provinsi di Indonesia menjadikan Bank Mandiri sebagai bank
terbaik dalam pelayanan selama 4 tahun berturut-turut dan menjadi
perusahaan yang paling terpercaya di Indonesia untuk Good Corporate Govenance selama 5 tahun berturut-turut.
Ulasan yang saya tulis Tentang "Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia"
ini baru sebagian kecil dari segala sesuatu yang terkait dengan Bank
Mandiri baik itu tentang sejarah, transformasi (perubahan) yang telah di
lakukan, sederet penghargaan atas kinerja dan prestasi, serta produk
dari Bank Mandiri yang telah mencakup kebutuhan semua lapisan masyarakat
serta segala jenis bisnis baik itu kecil, menengah hingga kebutuhan
sekelas sebuah perusahaan. Silahkan anda kunjungi situs resmi dari Bank
Mandiri Indonesia untuk informasi yang lengkap dan lebih detail di :
» http://www.bankmandiri.co.id «
Atau langsung dengan menghubungi Alamat Kantor Pusat Bank Mandiri:
PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta 12190 Indonesia
Telp: 14000, +62-21-52997777
Fax: +62-21-52997735
SWIFT Code : BMRIIDJA
Serta Layanan Mandiri call 14000 , 24 jam/hari, 7 hari/minggu.Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta 12190 Indonesia
Telp: 14000, +62-21-52997777
Fax: +62-21-52997735
SWIFT Code : BMRIIDJA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar